Sabtu, 11 Februari 2012

Fadel Muhammad Nilai Potensi Air Tawar Maros Besar



MAROS Online - Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad menilai potensi air tawar di Kabupaten Maros sangat besar dan bagus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga Maros.
Mantan Gubernur Gorontalo tersebut menilai, sungai, empang, dan danau di Maros bisa menjadi pendukung ekspor ikan air tawar Sulsel ke luar negeri.

“Air tawar di Kabupaten Maros ini mempunyai potensi yang sangat besar bila dikelola dengan baik. Banyak kontribusi yang bisa disumbang Maros untuk menggairahkan sector perikanan di Sulsel,” ujarnya, Selasa (14/6) di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau Maros.

Ia berharap Maros menaikkan hasil produksi perikanan air tawarnya apalagi kini peluang mengekspor perikanan ke Singapura terbuka lebar setelah adanya penerbanghan langsung dari Makassar-Singapura yang dikelola oleh Garuda Indonesia.

Bupati Maros HM Hatta Rahman yang mendampingi Fadel Muhammad mengatakan, selain ikan air tawar seperti bandeng dan nila, Maros juga berpotensi mengembangkan rumput laut.

“Kita akan menjadi pemasok rumput laut dengan memaksimalkan 10 ribu hektar tambak yang berada di wilayah pesisir Maros seperti di Kecamatan Marusu, Maros Baru, Lau, dan Bontoa,” katanya.

HM Hatta Rahman menambahkan Pemkab Maros akan akan menganggarkan dana di APBD untuk membeli bibit rumput laut yang akan dibagikan ke petambak karena bantuan bibit yang dipeoleh dari PT Agarindo tidak mencukupi. Ia juga berharap Menteri Fadel mau memberikan bantuan untuk Maros yang langsung diiyakan oleh Ketua DPP Golkar tersebut.

“Saya berharap bantuan Bupati Maros untuk mengembangkan balai (Riset Perikanan Budidaya Air Payau Maros) ini dan nantinya kita juga akan memberikan bantuan pada Maros,” katanya. [humas]

0 komentar:

Posting Komentar