Rabu, 15 Februari 2012

Setelah Kepastian Dirjen Perkebunan, Bulukumba Kembangkan Karet

Bulukumba, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Salah satu komoditi unggulan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yakni karet akan mulai dikembangkan setelah adanya kepastian dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan RI.

"Dirjen Perkebunan meminta kami untuk mendorong pengembangan berbagai produk unggulan perkebunan, tujuannya agar bisa lebih meningkatkan taraf hidup petani," ujar Kadis Perkebunan Bulukumba, Andi Misbahwati, di Bulukumba, Sulsel, Kamis.

Namun, sebelum rencana itu berjalan sesuai yang diinginkan, lanjut dia, terlebih dahulu akan dilakukan pertemuan antara Kepala Dinas Perkebunan, sejumlah anggota DPRD Bulukumba serta Dirjen Perkebunan.

Sebelumnya, pengembangan karet ini sudah dilakukan oleh manejemen PT London Sumatera (Lonsum) yang sudah puluhan tahun mengembangkan karet di Bulukumba.

Pengembangan karet ini sifatnya milik swasta atau Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Namun, bukan berarti tidak menjalin kerjasama dengan PT Lonsum, tetapi tetap bermitra khususnya dalam penjualan hasil tanaman karet.

Saat ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan setempat sedang melakukan pendataan kepada masyarakat petani, sekaligus meminta tanggapan dari masyarakat terkait pengembangan tanaman karet ini.

Hasilnya, masyarakat sangat merespon rencana tersebut karena banyak masyarakat yang berminat mengembangkan karet di daerahnya itu. Apalagi, melalui pengembangan itu secara otomatis juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Tahun 2010, Bulukumba akan menjadi perhatian pemerintah pusat untuk penganggaran pengembangan berbagai produk komoditas unggulan, termasuk karet yang merupakan program baru di daerah ini," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar